Sunday 11 October 2015

Museum Wayang Banyumas

Museum Wayang Banyumas - Museum Wayang Banyumas atau dengan nama lain Museum Sendang Mas ini berada di komplek kota tua Banyumas sekitar 20km sebelah tenggara kota Purwokerto. Museum yang diresmiskan pada 31 Desember 1982 ini beralamat di Jalan Kawedanan No. 1 Banyumas. Berada di komplek bangunan tua eks pusat pemerintahan Kabupaten banyumas tempo dulu membuat suasana berbeda jika kita berkunjung ke Museum Wayang Banyumas ini. Di samping gedung gedung tua peninggalan Belanda nan eksotis, pohon pohon besar dan rindang disekitar area museum ini juga memberikan sensasi yang terkadang membuat bulu kuduk kita berdiri ketika berada di Museum Wayang Banyumas ini. 

Museum Wayang Banyumas

Kemistisan Museum Wayang Banyumas

Saat kita memasuki pintu gerbang Museum Wayang Banyumas kita akan disambut oleh pohon beringin tua yang menjulang tinggi yang membuat suasana rindang dan sejuk namun disisi lain menunjukan kesan kemistisanya, tidak hanya itu di halaman depan Museum Wayang Banyumas juga terdapat patung tokoh punakawan dengan muka yang sedikit seram  seakan mengucapkan "sugeng rawuh" atau selamat datang kepada setiap pengunjung. Masih disekitar halaman depan Museum Wayang Banyumas ini juga terdapat dua ekor patung singa emas, yang seolah menjadi simbol penunggu di Museum Wayang Banyumas . Kesan mistis memang sangat kental dengan area Museum Wayang Banyumas ini.

Museum Wayang Banyumas mistis

Bagi anda yang memiliki indera ke enam mungikin akan gampang sekali merasakan hal hal ganjil di sekitar area ini. Tak ayal Museum Wayang Banyumas dipercaya menjadi lokasi uji nyali dan dijadikan objek liputan oleh acara Mister Tukul Jalan Jalan. hehe menarik yah kita bisa belajar sejarah sekaligus berwisata dengan kesan yang sedikit menyeramkan. 

Koleksi Museum Wayang Banyumas

Museum Wayang Banyumas memiliki luas bangunan 250 m2 dengan luas tanah 2000 m2 yang tentunya memiliki banyak sekali koleksi yang berkaitan dengan wayang sesuai namanya. di Museum Wayang Banyumas sendiri tersimpan banyak sekali koleksi wayang yang berusia ratusan tahun dengan kondisi masih terjaga dan terawat dengan baik. 

Mulai dari wayang kulit purwo pakeliran Glakak Yogyakarta, dengan pandawa sebagai tokoh utamanya seperti Puntadewa, Bratasena atau Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Adapula wayang purwo dengan pakeliran Banyumasan dengan Prabu Salyo, Sengkuni dan Baladewa sebagai tokohnya.

Museum Wayang Banyumas

Museum Wayang Banyumas juga menyimpan beberapa koleksi wayang golek karya Ki Trunadipura salah seorang dalang pada masa Mangkunegara VII yang mengisahkan perkembangan islam pada jaman nabi sampai berhasil masuk ke tanah jawa, namun dengan beberapa penyesuaian seperti pakaian para tokohnya yang hampr sama dengan wayang purwo, mungkin bertujauan aga mudah dipahami oleh masayarakat pada masa itu.

Museum Wayang Banyumas juga menyimpan wayang suket dibuat dari rumput kasuran sejenis rumput ilalang  yang dipetik dari kecamatan Remabang Kabupaten purbalingga dengan cerita Ramayana sebgai lakon nya. Ada juga wayang suluh sesuai namanya suluh diambil dari kata penuyuluhan yang pada jaman dahulu digunakan untuk pembangkiti semangat pejuang melan penjajah belanda. 

gamelan Museum Wayang Banyumas

Tak hanya wayang yang menjadi koleksi di Museum Wayang Banyumas disini juga terdapat satu set gamelan tua yang konon katanya dapat berbunyi sendiri pada malam malam tertentu.Selain harga tiket masuk nya murah hanya seribu Rupiah per orang dan lokasi yang mudah dijangkau. membuat Museum Wayang Banyumas bisa menjadi alternatif pilahan wisata anda selanjutnya.Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan akan budaya negeri kita tercinta ini. (AS)



0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Post a Comment