Saturday 10 October 2015

Kebun Teh Kaligua

Kebun Teh Kaligua Bumiayu - Kebun Teh Kaligua merupakan destinasi wisata andalan Kabupaten Brebes, tepatnya di desa Pandansari kecamatan Paguyangan Brebes Jawa Tengah. Di tempat ini kita bisa menikmati sejuknya udara khas lerang gunung Slamet sebelah barat. Memiliki ketinggian 1.200 sampai 2050 Mdpl membuat Kebun Teh Kaligua ini memiliki hawa yang sangat dingin berkisar antara delapan sampai dua puluh derajad celsius. Selain agrowisata sebagi andalanya, lokais ini juga memiliki beberapa spot yang menjadi idola wisatawan baik lokal maupun mancanegara. 

Kebun Teh Kaligua

Kebun Teh Kaligua

Agrowisata  Kaligua memang terkenal dengan kebun teh kualitas ekspor dengan prodak utamanya yaitu teh hitam atau black tea. Bila berada disana mata kita akan dimanjakan dengan hamparan hijaunya daun teh yang membentang luas diselimuti kabut dingin menusuk tulang. Pemandangan yang sangat indah ini dijamin membuat kita betah untuk berlama lama menikmati susana alam di Kebun Teh Kaligua ini. Bila cuaca sedang cerah kita dapat menyaksikan puncak gunung Slamet yang dikenal dengan nama watu abang atau batu yang memerah. Jauh disebelah barat kita pun bisa melihat keindahan pemandangan di gunung cermai, dan disebelah selatan kawasan pesisir pantai Cilacap pun bisa kita nikmati dari sini. 

Kebun Teh Kaligua bumiayu

Suasana sejuk ini akan membuat pikiran kita kembali fresh dan melupakan sejenak kesibukan dan hiruk pikuk suasana kantor dan perkoataan yang menjenuhkan. Kebun Teh Kaligua tentunya bisa menjadi referens terbaik liburan anda selanjutnya.

Kemistisan Gua Jepang

Selain pemandangan dan suasana sejuk khas pegunungan yang menjadi nilai jual utama di objek wisata kawasan Kebun Teh Kaligua juga terdapata situs peninggalan sejarah yaitu gua jepang. disebut gua jepang karena gua ini merupakan peninggalan sejarah jaman penjajahan jepang. Pada masa pembangun gua ini merenggut banyak sekali korban jiwa dari penduduk pribumi yang merupakan korban dari romusha atau kerja paksa.Konon kaum laki laki penduduk asli kali gua pada jaman dahul semua dijadikan pekerja paksa dengan perlakuaan yang sangat tidak manusiawi dari para tentara jepang dan kaum perempuan atau wanitanya dijadikan pemuas nafsu para serdadu dan pejabat militer jepang saat itu. Tak ayal hal ini yang membuat gua jepang sangat lekat dan kental dengan aroma mistisnya. Sampai sekarang masih tercium bau amis darah bisa kita memasuki lorong demi lorong area gua jepang yang dibagi menjadi beberapa ruang. 

Kebun Teh Kaligua

Gua jepang ini dibagi menjadi beberapa rungan antara lain ruang tahanan, ruang intrograsi, ruang komandan dan ruang sidang. Untuk masuk ke lokasi ini pengunjung akan dikenai biaya sekitar empat ribu Rupiah per orang biaya tersebut sudah termasuk ongkos penerangan dan guide yang akan mendampingi kita menyelusuri keangkeran tempat ini. Layak dicoba bagi anda yang memiliki nyali lebih. Lokasi ini juga sering dijadikan tempat uji nyali dan pernah juga diliput dalam acara Mister Tukul Jalan Jalan. Berani mencoba?? :)

Keunikan Telaga Renjeng

Selain gua jepang spot yang tek boelh kita lewatkan bila berkunjung ke tempat ini yaitu telaga Renjeng atau ada juga yang menyebutnya telaga lele karena memang di telaga renjeng ini hidup bukan hanya ribuan namun jutaan ekor ikan lele yang dikeramatkan oleh warga sekitar karena kono telaga ini memiliki hubungan langsung dengan pantai selatan. Tidak ada warga yang berani mengambil seekorpun ikan lele dari tempat ini karea takut akan terkena musibah bila nekat mengambilnya. Telaga Renjeng ini sendiri terletak di bagian bawah atau sebelmum kawasan kebunteh kaligua jadi setiap kita kan menuju Kebun Teh Kaligua maka kita kan melwati telaga renjeng ini. 


Dengan berbagai keindahan yang ditawarkan di kawasan Kebun Teh Kaligua ini, maka sulit rasanya melewatkan tembat ini untuk menjadi tujuan wisata anda selanjutnya. semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah daftar tempat yang layak untuk anda kunjungu bersama kawan keluarga atau rekan rekan kerja anda. (AS)


Artikel terkait :
objek wisata kaligua
sejarah kebun teh kaligua
kebun teh kaligua asli
kebun teh kaligua ptpn ix

8 comments:

  1. wahh seneng banget kalau bisa berlibur kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mbak indah bget trus juga sejuk hawanya, pokoknya rugi lah kalo g kesana :D

      Delete
  2. Wah keren 😎. Jd pengen ke situ lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, ia kalo dah pernah kesana pasti pegine balik lagi :)

      Delete
  3. Wah keren 😎. Jd pengen ke situ lagi.

    ReplyDelete
  4. Agrowisata Kebun Teh Kaligua Paguyangan sudah saya kunjungi juga di awal bulan agustus kemarin bareng anak2.

    Sempet pingin ngajak anak2 main ke gua jepang juga sih sebenernya tapi kok dilalah nggak jadi.

    Abiz baca postingan ini aku kok mbatin ya, "untunge nggak jadi"

    Salam dari www.sparklepush.com

    ReplyDelete