Friday 9 October 2015

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey Bandung - Mendengar nama Kawah Putih Ciwidey pasti yang terlintas dibenak kita adalah pemandangan yang indah, hamparan kawah putih yang mempesona dan udara yang sejuk. Ya Kawah Putih Ciwidey memang merupakan tujuan wisata tersohor di daerah Jawa Barat.  Setiap akhir pekan kawasan Kawah Putih Ciwidey ini tak pernah sepi pengunjung, bukan hanya wisatawan lokal saja namun wisatawan asing juga banyak yang penasaran dengan keindahan objek wisata yang satu ini.

Kawah putih ciwidey bandung

Keindahan Kawah Putih Ciwidey 

Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk secara alami karena letusan Gunung Patuha ratusan tahun yang lalu. Karena terbentuk secara alami dari letusan gunung aktif membuat kawah putih ini memiliki keindahan yang luar biasa. Warna air dalam danau atau kawah ini bisa berubah mengikuti intensitas matahari. Semakin terang intensitas cahayanya maka semakin biru warna air pada kawah ini. Tak cukup sampai disitu kabut dari uap belerang yang mengihiasi bagian atas kawah putih ini semakin menciptakan suasana romantis, tak heran destinasi wisata ini juga kerap digunakan sebagai lokasi pengambilan foto pranikah atau prewedding oleh banyak pasangan dan photografer profesional dari segala penjuru Indonesia

kawah putih ciwidey bandung

Mitos Kawah Putih Ciwidey Bandun

Keindahan kawah putih ciwidey bandung memang tidak bisa dipungkiri lagi. Namun dibalik keindahan itu tersimpan sebuah mitos yang selam ini lekat kaitanya dengan legenda gunung Patuha. nama gunung Patuha ini sendiri diserap dari kata Pak Tua yang berarti orang tua. Ada juga yang menyebutnya dengan sebutan gunung Sepuh atau gunung tua. Sejak jaman dahulu gunung Patuha terkenal dengan kemistisannya terutama kawasan kawah putih yang diercaya sebagai tempat berkumpulnya roh roh para leluhur, ada juga yang menyebut kawah putih ciwidey bandung ini sebagai pusat kerajaan jin terbesan dan terkuat ditanah pasundan jawa barat. Cerita yang membuat pada jaman dulu tidak ada orang yang berani menginjakan kakinya di kawasan ini, jangankan untuk berlibur mendengar nama kawasan kawah putih pun sudah membuat bulu kuduk merinding ketakutan karena keangkeranya. 


kawah putih ciwidey bandung


Mitos itu terpecahkan dan lambat laun mulai pudar ketika  pada tahun 1837 Dr. Franz Wihelm Junhuhn seorang peneliti Belanda keturunan Jerman penasaran dan ingin meneliti kawasan tersebut. Seperti orang barat pada umumnya Dr Franz tidak bigitu percaya dnegn mitos atau legenda yang beredar kala itu, yang membuatnya penasaran adalah kenapa tak ada binatang yang sanggup hidup dikawasan tersebut, bahakan burung pun enggan untuk melintas diatas kawah putih. Akhirny sang dokter memberanikan diri melakukan kunjungan dan penelitian seorang diri karena memang tidak ada orang yang berani menemaninya. Sampai dilokasi sang dokter terkejut serta takjub bukan kepalang melihat pemandangan sebuah danau warna warni indah dengan aroma belerang yang menusuk hidung, dan akhirnya Dr Franz sampai pada kesimpulan bahwa oroma belerang yng pekat inilah yng menyebabkan tidak ada makhluk hidup yang sanggup mendiami kawasan ini. Kita patut berterima kasih kepada Dr Franz karena berkat penelitian dan keberanianya saat ini kita dapat menikmati keindahan kawah putih yang resmi menjadi objek wisata sejak tahun 1987 ini.


Harga tiket kawah putih ciwidey bandung

Untuk urusan tiket masuk kawan ini tergolong murah hanya dengan membayar sekitar delapan belas ribu Rupiah saja per orang kita bisa menikmati keindahan maha karya Tuhan ini.harga yang tidak sebandng dengan keindahan dan sensasi yang akan kita rasakan saat berwisata ke tempat ini. Untuk rincian harga resmi dari pengelola dapat kita lihat pada pict dibawah ini.

kawah putih ciwidey bandung

 Satu satnunya hal yang disayangkan apabila kita berkunjung ke kawah putih ciwidey Bandung ini adalah kita tidak bisa berlama lama menikmati pemandangan disini. Karena pada keadaan normal kita dianjurkan untuk maksimal hanya lima belas menit berada di bibir danau kawah putih mengingat aroma dan asap belerang yang cukup pekat yang tentunya bisa membahayakan kesehatan kita. Tapi terlepas dari waktu yang terbatas pasti kita tidak ingin melewatkan kesemptan untuk berlibur atau sekedar berfoto di kawasan kawah putih ini. Dan untuk anda yang mempunyai rencana menikah dalam waktu dekat mungkin kawasan kawah putih ciwidey bandung ini cocok untuk menjadi salah satu lokasi jepreett prewedding anda. Sampai berjumpa di kawah putih ciwidey bandung. (AS)


Artikel terkait :
mitos kawah putih ciwidey
kawah putih ciwidey bandung
sejarah kawah putih ciwidey
peta kawah putih ciwidey
alamat kawah putih ciwidey bandung
tiket masuk kawah putih ciwidey
kawah putih ciwidey bandung selatan
kawah putih ciwidey hotel

2 comments:

  1. Dulu waktu kecil saya pernah kesini nih, masih inget banget gimana nyeseknya dada saya pas ngehirup bau belerang yang nyengatnya bukan main hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia memang pekat banget itu karna bau belerang kalo ga salah :)

      Delete